Selasa, 07 Agustus 2012

Rumus Menyelesaikan Rubik's Cube Untuk Pemula

Rubik's Cube 

Rubik's Cube belakangan ini mulai populer di Indonesia, terutama sejak aktivitas cubing    (menyelesaikan Rubik's Cube) mulai sering diliput oleh media massa. Salah Satu momen awal kebangkitan puzzle ini adalah penampilan pemegang rekor MURI, Abel Brata melawan Mentalis Indonesia, Deddy Corbuzier, dalam episode perdana "The Master" di RCTI bulan Februari 2009. Demam Rubik's Cube mencapai puncaknya dengan diadakannya kompetisi Rubik's Cube Indonesia Open 2009, pada bulan Agustus 2009.

Puzzle terlaris di dunia ini diciptakan oleh Ernő Rubik, seorang Profesor Arsitektur dan pemahat dari Hungaria pada tahun 1974. Saya pun mulai tertarik dengan puzzle ini sejak mei 2010 berkat salah satu teman saya yang mengajarkan bagaimana menyelesaikan permainan ini. Awalnya saya pun sulit untuk bisa menyelesaikan permainan ini kurang dari 5 menit, akhirnya saya mengajak beberapa teman saya untuk bermain rubik’s cube ini (supaya ada teman bermain dan saingan). Belajar Rubik ternyata gampang-gampang susah, permainan rubik ini sebenarnya mudah. Bagi yang sudah mahir, tapi bagi butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikan rubik, maklumlah namanya juga pemain pemula.

Untuk awalan dianjurkan untuk menggunakan rubik cube 3x3, atau balok 3. Kalau sudah lancar dan mahir nanti bisa meningkat ke rubix 4x4 dan tingkatan rubik yang lain. Walaupun permainan rubik ini terlihat permainan yang biasa tetapi banyak kok orang-orang yang menyelenggarakan lomba rubik. Butuh ketekunan dan konsentrasi agar dapat menyelesaikan rubik 3x3 untuk pemula.

Ada yang ingin belajar Rubiks..??? oke.. saya akan coba berbagi sedikit cara yang saya gunakan untuk menyelesaikan rubiks 3×3. Sebelumnya saya harus memberitahu terlebih dahulu posisi posisi atau bagian bagian di dalam rubiks, kerena ini sangat penting jika sobaat ingin menyelesaikan rubiks. Oh..iya.. saya ingatkan rubiks 3×3 ini adalah dasar,  jadi harap di pahami dan di hafalkan algoritmanya jika sobat ingin menyelesaikan rubiks pada tingkat tingkat yang lebih tinggi.

Baik langsung saja, ini dia sekilas tutorial dan cara menyelesaikan rubik’s cube 3x3 :



perhatikan gambar di bawah ini jika kalian ingin menghafal dengan cara membaca :


2 komentar: